Blackberry : Sistem BYOD di Android Gak Aman?

227 views

Salah satu petinggi Blackberry di Inggris, Rob Orr mengkritik sistem operasi Android yang menurutnya mempunyai kelemahan di bidang keamanan datanya.

BlackBerry pada saat meluncurkan produk terbarunya BlackBerry Z10, telah  memperkenalkan konsep program bring your own device (BYOD) yang tengah marak di kalangan enterprise. Konsep program 'BYOD' memungkinkan pengguna bisa benar-benar memisahkan antara pekerjaan dengan kehidupan personal di satu perangkat.

 

sistem BYOD

Menurut Rob orr, kemampuan dan reputasi BlackBerry dalam urusan keamanan cukup mumpuni dan bisa di andalkan dalam mempopulerkan konsep BYOD. Sementara sistem Android, karena sistemnya yang terbuka, menurut Rob, diragukan tingkat keamanannya dalam membesut program BYOD.

Di kutip dari halaman Telegraph, Rabu (27/2/2013) Rob mengatakan : "Setiap sistem untuk mengamankan data ibarat hanya sekuat link terlemah. Ada sebuah kelemahan yang melekat dalam setiap sistem operasi terbuka seperti Android. Kondisi ini juga diperburuk dengan banyaknya malware di toko aplikasi. Disebutkan oleh Rob, para pengguna di kalangan bisnis telah dipaksa untuk berkompromi soal keamanan perangkat di perangkat yang disebutnya 'ramah konsumen'.


Perangkat Android dan Apple saat ini bisa dikatakan menjadi kunci tren program BYOD di kalangan enterprise. Padahal pasar ini semula didominasi BlackBerry yang mengandalkan keamanan perangkatnya. Bagaimana kelanjutan kisah persaingan ini di pasar smartphone kedepan? Kita tunggu saja kelanjutannya...

Leave a reply "Blackberry : Sistem BYOD di Android Gak Aman?"